Home Ponpes Putri Alkhairaat Pusat

Ponpes Putri Alkhairaat Pusat

Pondok Pesantren (Ponpes) Putri Alkhairaat Pusat Palu pertama kali didirikan oleh Syarifah Sadiyah binti Idrus bin Salim Aljufri yang merupakan anak pendiri Alkhairaat, Habib Idrus bin Salim Aljufri (Guru Tua).

Pada mulanya Alkhairaat tidak menfokuskan pada pendidikan dengan model Pondok Pesantren, hanya sebatas madrasah saja.

Sebagai ketua Wanita Islam Alkhairaat (WIA) Pusat, Syarifah Sadiyah Aljufri yang sering berdakwah ke daerah-daerah di Indonesia Timur. Dalam beberapa kunjungan di cabang-cabang Alkhairaat tersebut beliau sering membawa atau pun dititipkan oleh para orang tua untuk membawa anak mereka bersekolah di Alkhairaat Pusat.

“Mereka tinggal dirumah bersama kami, dan bersekolah di Alkhairaat gratis.”

Seiring berjalannya waktu, para (anak tinggal) pun semakin bertambah. Syarifah Sadiyah Aljufri pun mengambil inisiatif untuk mendirikan Pondok Pesantren yang berada di dalam Komplek Alkhairaat yang merupakan lokasi tanah wakaf dari ibu beliau, Ince Ami.

Di Pondok Pesantren Putri Alkhairaat para siswi diberikan pilihan untuk memilih tingkatan sekolah yang diinginkannya, dari SMP, MTS, SMA, SMK, dan MA, yang berada di dalam Komplek Alkhairaat.


Gedung Inap Santri

Pondok Pesantren Putri Alkhairaat Pusat Palu


Kantor Administrasi dan Lab Komputer

Ruang Administrasi


Gedung Aula Serbaguna

ponpes putri tpa dan play group

Lantai atas gedung Aula ini sering digunakan untuk Ruang Pertemuan Santri, Perlombaan dan Seminar. Kapasitas gedung ini mampu menampung hingga 800 orang.

Lantai dasar Gedung Aula terdapat Perpustakaan Ponpes Putri Alkhairaat Pusat Palu.

Dibagian belakang terdapat Ruang Kesehatan dan Kamar Pendidik

Gedung ini juga merupakan Tempat Penitipan Anak (TPA) dan Play Group


Sekolah Menengah Kejuruan Pondok Pesantren Putri Alkhairaat Pusat Palu

SMK + Logo


Bangunan Lab Menjahit

Lab Ponpes dan SMK


Panti Asuhan

Panti Alkhairaat

Panti Asuhan Pondok Pesantren Putri Alkhairaat Pusat Palu merupakan lokasi pertama pondok pesantren putri Alkhairaat pertama kali.
Para santri Panti Asuhan tidak dipungut biaya dan mereka dapat bersekolah di SMK Ponpes Putri Alkhairaat Pusat Palu tanpa dipungut biaya.