Home Unisa Palu IAEI Gelar Roadshow Seminar Nasional Ekonomi Islam

IAEI Gelar Roadshow Seminar Nasional Ekonomi Islam

88
0

Alkhairaat Palu – Universitas Alkhairaat (UNISA) Palu dan DPP Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) menggelar Roadshow Seminar Nasional Ekonomi Islam, dengan tema Menakar Peluang Pembangunan Ekonomi Islam di Sulawesi Tengah Pasca Penetapan Ibu Kota Baru, Kamis, 19/9/2019.

Bertempat di Wisma Donggala, hadir sebagai nara sumber antara lain, Bupati Sigi, Muhammad Irwan Lapata, Wakil Bupati Donggala, Moh Yasin, Kepala Deputi Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Tengah, Indratmoko, dan Direktur Utama BNI Syariah, Bambang Sutrisno.

Rektor Unisa Palu, Dr Umar Alatas, saat membuka seminar mengatakan, sebagai daerah penyangga ibu kota baru, Sulawesi Tengah harus bisa mengambil keutungan dengan pemindahan ibu kota baru itu, salah satunya dalam bidang pertumbuhan ekonomi Syariah.

Namun menurutnya, sebelum ibu kota pindah, sebagai insan akademik perlu menakar seberapa besar peluang yang bisa didapatkan Sulawesi Tengah dari pemindahan ibu kota itu, khsususnya dalam bidang ekonomi syariah.

“Kabupaten Donggala yang berhadapan langsung dengan selat makassar yang menghubungkan ibu kota baru, begitu juga dengan Kabupaten Sigi yang memiliki potensi pertanian yang tidak sedikit, pemindahan ibu kota tidak boleh disia-siakan, ini kesempatan emas. Tapi perlu diketahui berapa besar peluang yang bisa kita didapatkan itu?,”katanya.

Dibagian lain ia juga menyoroti pergerakan ekonomi syariah saat ini yang belum menyentuh daerah, padahal daerah memiliki potensi yang tidak kalah dengan kota,

“ini menjadi tantangan tersendiri bagi penggiat ekonomi syariah.
Unisa, telah lama mengamati kondisi ini, sebagai perguruan tinggi berbasis agama, terdorong melakukan seminar membahas kondisi ekonomi syariah bertepatan dengan maraknya isu pemindahan ibu kota baru,”ujarnya.

Hadir sebagai peserta siswa dari berbagai sekolah, mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Palu, dosen, pelaku ekonomi, dan perbankan.

Penulis: RL

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here