Home Unisa Palu Kaji Keragaman Organisme, Dosen Unisa Raih Gelar Doktor di Unhas

Kaji Keragaman Organisme, Dosen Unisa Raih Gelar Doktor di Unhas

62
0

Dosen Universitas Alkhairaat (Unisa) Palu, Hj. Ratnawati, berhasil meraih gelar doktor di bidang pertanian dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Kamis (8/8/2019).

Gelar tersebut ia dapatkan setelah berhasil mempertahankan disertasi dengan judul Keragaman Organisme dan Peranan Cendawan Antagonis untuk Pengendalian Penyakit Bercak Ungu (Alternaria Porri) pada Tanaman Bawang Merah Lokal Palu di Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah. Disertasi ini ia pertahahankan pada sidang terbuka di hadapan para penguji yang terdiri dari Prof. Dr. Elkawakib Syam’un, Prof. Dr. Ir. Tutik Kuswinanti, Dr. Ir. Andi Nasruddin, Dr. Ir. Vien Sartika Dewi, M.Si., dan penguji eksternal, Prof. Dr. Ir. Andi Khaerun, M.Si.

Dihubungi terpisah pada malam sebelum sidang terbuka, Hj. Ratnawati mengharapkan dukungan dari sivitas akademika Unisa. “Insyaallah saya siap lahir batin. Mohon doa teman-teman dosen Unisa agar saya diberi oleh Allah kemudahan dalam melewati ujian promosi,” ungkapnya.

Terkait kontrubusi ilmiah di dalam disertasinya, Hj. Ratnawati mengaku berbahagia, karena penelitiannya dapat memberikan kontribusi bagi Provinsi Sulawesi Tengah, terutama pengembangan program pertanian di Kabupaten Sigi.

“Di dalam penelitian disertasi, saya berhasil menemukan aplikasi pestisida yang berbeda di lahan pertanaman bawang merah lokal. Jenis pestisida ini mempengaruhi serangga predator dan serangga hama, sehingga bawang merah yang dihasilkan oleh petani mengalami peningkatan dan merata,” jelas istri dari Dr. H. Kasman Jaya Saad tersebut.

Atas capaian gelar doktornya, Hj. Ratnawati menyampaikan terima kasih yang mendalam atas bimbingan yang telah diberikan oleh para promotor disertasinya, antara lain Prof. Dr. Ir. Sylvia Sjam, M.S., Prof. Dr. Ir. Ade Rosmana, M.Sc., dan Dr. Ir. Untung Surapati, M.Sc.

Penulis: RL/AM
Editor: MNA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here