Home Berita Siswi MA Alkhairaat Terbaik Hifdzul Hadits Golongan 500 Hadits

Siswi MA Alkhairaat Terbaik Hifdzul Hadits Golongan 500 Hadits

31
0

Alkhairaat Palu – Pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) tingkat Provinsi Sulteng XXV di Morowali Utara (Morut), resmi ditutup, Rabu (13/03) malam.

Dewan hakim memutuskan Kabupaten Donggala meraih juara umum dengan nilai 25, disusul Kabupaten Morut dengan nilai 22 dan peringkat 3 Kabupaten Parigi Moutong dengan mengemas nilai 20.

Sementara Kota Palu sebagai ibu kota provinsi hanya mampu mengumpulkan nilai tipis. Beruntung di kategori lomba Musabaqoh Hifdzul Hadits Golongan 500 hadits, siswi Madrasah Aliyah (MA) Alkhairaat Pusat, Atikah Anjaz Qadri tampil menjadi yang terbaik sehingga berhasil keluar sebagai juara terbaik 1.

Kepala Kanwil Kemenag Sulteng, H. Rusman Langke mengatakan, event itu telah menghasilkan juara yang nantinya akan berkompetisi ke tingkat nasional, mewakili Sulteng.

Olehnya, Rusman mengimbau kepada para pemenang untuk tidak berpuas diri untuk terus berusaha dan berlatih menghadapi even yang akan dilaksanakan di Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar).

Dikatakannya, even STQH tidak hanya sebatas lomba, tetapi sarana untuk memahami Al-Qur’an dan mengamalkannya.

“Prinsip-prinsip kehidupan, tuntunan akhlak dan moral telah diatur secara jelas dalam Al-Qur’an dan Hadits, yang bila diamalkan akan menghasilkan kenyamanan, keamanan dan kemaslahatan umat manusia,” jelasnya.

Sementara Gubernur Sulteng, H. Longki Djanggola, mengajak para kafilah agar lebih memacu diri mendalami cabang-cabang yang ditekuni dengan terus membangkitkan semangat membaca. Lalu memahami dan mengimplementasikan Al-Qur’an dan Hadits untuk menghasilkan generasi milenial yang berakhlakul karimah.

“Saya meminta LPTQ Provinsi memaksimalkan sisa-sisa waktu dalam membina dan melatih para kafilah Sulteng supaya bisa meraih prestasi maksimal,” tegasnya.

Bupati Morut, Aptripel Tumimomor selaku ketua panitia sangat meyakini, melalui event itu akan lahir insan religius dengan kompetensi sempurna, untuk memajukan masyarakat yang lintas kemajemukan.

STQH XXV ini ditutup oleh Gubernur Sulteng, H. Longki Djanggola dengan penekanan sirene bersama Kakanwil Kemenag Sulteng, Bupati dan Wakil Bupati Morowali Utara. Sirene tersebut menandai berakhirnya kegiatan yang berlangsung sejak tanggal 9 Maret lalu.

STQH tingkat Provinsi Sulteng XXVI akan diselenggarakan di Kabupaten Banggai Kepulauan pada tahun 2020 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here