Home Majelis Pendidikan Hafalan Quran jadi Pembuka Acara Wisuda MDA Alkhairaat Kalukubula

Hafalan Quran jadi Pembuka Acara Wisuda MDA Alkhairaat Kalukubula

4
0

Alkhairaat Kalukubula – Madrasah Diniyah Awaliyah Alkhairaat Desa Kalukubula menggelar wisuda siswa-siswi angkatan 2016/2017, di gedung Majelis Taklim Almakmur Desa Kalubula, Ahad (14/5).

Membuka acara wisuda, seluruh siswa-siswi MDA Alkhairaat memperdengarkan hafalan Alqur’an sebanyak empat Surat yaitu Annaba, Annaziat, Abasa, dan Attakwir. Surat di juz 30 ini dibaca secara serentak, berdurasi hampir lebih kurang 10 menit.

Wisuda ini dihadiri oleh Pengawas Majelis Pendidikan Alkhairaat Subhan Lasawedi, Ketua Yayasan Alkhairaat Desa Kalukubula Ilyas Nawawi, dan Ketua Pengurus Pusat Persatuan Guru Alkhairaat Salim Mahdi.

Saat memeberikan sambutan, Ketua Yayasan Alkhairaat Kalukubula Ilyas Nawawi mengetes keyakinan para anak-anak MDA ini, apakah ada hafalan mereka yang salah. Serentak mereka meyakinkan tak ada yang salah.

Lalu Ilyas Nawawi bertanya pula pada para orang tua, apakah mereka mampu memberikan pelajaran yang dapat membuat anak-anak bisa menghafal sepanjang surah itu.
“Mungkin kalau di rumah, orang tua tidak bisa mengajarkan begini. Makanya inilah penting mereka sekolah di Madrasah Diniyah,” kata Ilyas.

Dia meminta para orang tua, harus memperhatikan aspek agama anak-anaknya. Jadikan Alkhairaat sebagai alternatif utama. Apalagi menurutnya di Kalukubula, Alkhairaat dari tingkat TK hingga SMA semuanya.
“Anak-anak ini adalah cikal bakal siswa-siswi MTs, lalu setelahmerek ke SMA Alkhairaat yang ada di desa kita,” imbuhnya.

Perlu diketahui MDA Alkhairaat Kalukubula menerapkan program tahfiz Qur’an (menghafal Qur’an) one day one ayat (satu hari satu ayat). Hafalan ayat tentunya dilakukan dengan metode menghafal yang efektif, sehingga anak-anak mudah menghafal tanpa terbebani.

Wisuda ini berjalan dengan khidmat. Sebanyak 14 siswa menerima selempang wisuda dari Kepala MDA Alkhairaat.
Sementara itu, dalam wisuda ini, beberapa siswa menerima penghargaaan wisudawan terbaik. Siswa-siswi ini yaitu Arita Triani, Abdul Razak dan Mifta Amanda.

Acara ini juga dirangkaikan dengan pengumuman Juara Kelas dan Bintang Kelas. Menariknya, hadiah diserahkan oleh orang tua masing-masing.

Penulis: Nanang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here