Home Wanita Islam Alkhairaat

Wanita Islam Alkhairaat

Wanita Islam Alkhairaat (WIA) didirikan pada hari Jumat tanggal 15 Sya’ban 1348 H / 5 Agustus 1964 yang diprakarsai oleh Hj. Syarifah Sadiyah binti Idrus Aljufrie, anak dari H.S. Idrus bin Salim Aljufrie, pendiri Alkhairaat.

Organisasi ini berpusat di Palu, Sulawesi Tengah, dengan cabang-cabang yang tersebar di beberapa Provinsi, dengan struktur organisasi mulai dari tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, Kelurahan, hingga RW/RT.

Tujuan pembentukan Wanita Islam alkhairaat (WIA) adalah:

  1. Membentuk insan yang beriman dan bertakwa, cerdas, arif, bijaksana, terampil dan bertanggung jawab terhadap pembangunan, agama, nusa dan bangsa.
  2. Mendirikan dan mengelola pendidikan usia dini (PAUd), Play Grup, Taman Kanak-Kanak, Raudatul Atfal, serta Pendidikan Al-Quran (TPQ) dari itngkat pusat hingga ranting.
  3. Membina pondok pesantren putri.
  4. Membina dan mengembangkan panti asuhan dari tingkat pusat hingga daerah.
  5. Membina dan mengembangkan potensi serta kemampuan Wanita Islam alkhairaat (WIA) sehingga mampu berpartisipasi secara optimal untuk kepentingan agama, nusa dan bangsa.
  6. Membina putri-putri Islam sebagai kader penerus cita-cita perjuangan bangsa, sehingga tercipta masyarakat yang dapat dibanggakan, yaitu masayrakat adil dan makmur dibawah lindungan Allah SWT.

Beberapa Sekretaris Wanita Islam Alkhairaat (WIA):

  1. Hasil Muktamar 1, tahun 1986: Prof. DR. Hj. Huzaemah T. Yanggo, MA.
  2. Hasil Muktamar 2, tahun 1991: DR. Hj. Norma Dg. Siame.
  3. Hasil Muktamar 3, tahun 1996: Dra. Hj. Nurmi MK. Maluku.
  4. Hasil Muktamar 4, tahun 2002: Dra. Hj. Nurmi MK. Maluku.
  5. Hasil Muktamar 5, tahun 2008: Dra. Hj. Hafshah S. Pattah.
  6. Hasil Muktamar 6, tahun 2014: Dra. Sakinah Aljufrie.