Home Tokoh Alkhairaat Tokoh Cendekiawan

Tokoh Cendekiawan

Prof. DR. H. M. Noor Sulaiman PettalongiPelepasan jenazah Alm. Prof. DR. H. M. Sulaiman Pettalongi dipimpin langsung oleh Sayyid Ali Aljufrie, Ketua Umum Alkhairaat pada hari Selasa, 14 Juni 2013.

Sayyid Ali Aljufrie, Ketua Umum PB Alkhairaat menyampaikan perasaan belasungkawa Keluarga Besar Alkhairaat di Wilayah Kawasan Timur Indonesia. “Saya bersaksi bahwa Almarhum adalah sosok ulama yang baik. Dan saya berkeyakinan para pelayat yang hadir, bahkan seluruh Abnaul Khairaat dan Warga Sulawesi Tengah umumunya punya kesaksian yang sama”, kata Sayyid Ali.

Semasa hidupnya Almarhum pernah menjabat KAKANWIL KEMENAG Sulawesi Tengah tahun 2002-2004, Ketua STAIN Palu tahun 1996-2001, Wakil Ketua Umum MUI Sulawesi Tengah dan Ketua Dewan Pakar PB Alkhairaat.

Selama hidupnya almarhum menulis sejumlah buku, diantaranya Habib Idrus bin Salim Aljufrie; Modernis Pendidikan dan Dakwah di Tanah Kaili (1930-1969). Buku ini menjadi referensi bagi para penulis sejarah-sejarah Islam di Timur Indonesia, terutama sejarah tentang Alkhairaat termasuk salah satu buku dari Azzumardi Azra; Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII dan XVIII. *Admin* (Kemenag)-(Kemenag).