Alkhairaat Pusat – Universitas Alkhairaat (Unisa) Palu menggelar Konferensi Pers terkait prestasi yang digapai Fakultas Kedokteran dari Akreditasi C menjadi B. di Ruangan Senat Fakultas Kedokteran, Selasa (06/02).

Fakultas yang termasuk dalam binaan Visitasi dari Tim Asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PT Kes), selama dua bulan tersebut memperoleh Nilai 307. perolehan Angka tersebut merupakan angka yang luar biasa yang diraih Fakultas Kedokteran,

“Angka 307 merupakan angka yang luar biasa bagi kami, karena kebanyakan perguruan tinggi kedokteran yang ada di Indonesia mendapatkan angka dibawah 300, dan mereka mendapatkan angka diatasnya itu melakukan banding dan Unisa tidak melakukannya melainkan murni” tegas Rektor,Dr. H.Hamdan Rampadio, SH,.MH, dalam Jumpa Pers.

Dengan angka 307 atau akreditasi B tersebut, Hamdan mengaku telah membentuk tim untuk membuka Program Studi Strata-2 (S2) khusus Fakultas Agama dan Ekonomi yang akan di upayakan pada tahun ini sehingga tidak menentu kemungkinan Fakultas Kedokteran juga bisa membuka Progran Studi S2 karena telah memenuhi syarat.

“Dengan akreditasi B ini tidak menentu kemungkinan Kedokteran bisa membuka S2, karena persyaratan untuk pembukaan S2 sudah kita miliki yakni nilai B, dimana nilai B tersebut dalam aturan Dikti bisa memungkinkan untuk membuka S2,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Kedokteran, Dr. A. Mukramin Amran, mengungkapkan terkait fakultas kedokteran yang layak mendapatkan predikat B usai visitasi oleh tim Asesor LAM-PT KES selama tiga hari lalu, menurutnya, karena pada dasarnya yang dinilai dalam Agreditasi tersebut adalah bagaimana kelangsungan pembelajaran sesuai dengan standar nasional yang ditentukan oleh Dikti. memang dalam proses pembelajaran tentu ada persyaran-persyaratan, mulai dari tim pengajarnya sendiri, kemudian sarana dan prasarana di Fakultas kedokteran, namun bila ditinjau dari sarana prasarana Fakultas kedokteran telah tersedia.

“Prasarana-prasaran sebetulanya sudah kami penuhi sejak berdirinya Fakultas,” ucap Amran.

Disisi lain ia juga mengatakan berkat kerja keras, doa yang tulus dan sabar yang dilakukan Civitas akademik baik pihak Rektorat dan pihak Fakultas Kedokteran dalam membangun kampus ini sehingga akreditas B bisa tercapai, melalui prestasi tersebut, ia menilai sebagai pelajaran awal dalam membangun civitas yang lebih baik.

“pencapainan tersebut bukan suatu kegembiraan melainkan awal dari perjuangan karena mempertahankan agreditas itu tidak gampang, sehingga dalam pemikiran kami tidak berhenti pada tipe B ini tetapi kita akan menuju keakreditasi yang lebih tinggi lagi dinilainya,” tambah Amran.

Ketua Prodi Dr, Ruslan. Ramli, juga menilai setelah fakultas kedokteran memperoleh agreditas B membuat institut memiliki kreteria kembali, dimana seringkali isu-isu yang meresahkan pihak fakultas.

“Alhamdulillah, dengan tercapainya akreditasi B, institusi kita ini adalah intitusi yang sudah memiliki kreteria, karena terlalu banyak isu-isu bahwasannya akreditasi C tidak bisa melakukan ini dan itu, namun setelah kabar ini menyebar sudah banyak yang menghubungi untuk mendaftar Fak Kedokteran” ucap Rusli.

Melalui Konferensi Pers, Hamdan berharap kepada semua media untuk menyampaikan kepada masyarakat, karena selama ini banyak isu-isu miring yang menerpa kami,seolah seolah kampus ini ditutup dan sebagainya.


Penulis: Fais

Sumber: Alkhairaat.Com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here