Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara memberikan kuliah umum tentang kebanksentralan di Universitas Alkhairaat Palu, Jumat.

Mirza Adityaswara yang memaparkan materi kelembagaan Bank Indonesia di hadapan puluhan mahasiswa Unisa Palu menjelaskan tiga tugas penting dari BI yang mudah dipahami masyarakat yakni sistem pembayaran, kebijakan moneter dan kebijakan makroprudensial.

Menurut Mirza, tidak semua masyarakat Indonesia memahami fungsi Bank Sentral, namun semua negara memiliki bank sentral, karena bank sentral sendiri telah disebutkan dalam Undang-Undang Dasar 1945 yakni Bank Indonesia.

“Kalau di tubuh ada darah yang mengalir, dalam negara ada uang yang berputar, ada yg mengelola, mengendalikan, mengontrol, di Indonesia ada Bank Indonesia yang melaksanakan fungsi itu,” papar Mirza.

Selain memberikan kuliah umum, kehadiran Mirza juga dalam rangka pemberian bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI), berupa sejumlah komputer untuk menunjang kelancaran proses akademik di Unisa, serta bantuan BI Corner atau pojok BI yang akan ditempatkan di perpustakaan Unisa Palu.

Kedatangan Mirza Adityaswara di Palu juga turut menyaksikan serah terima jabatan Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Tengah dari Purjoko kepada Miyono yang sebelumnya menjabat Kepala Divisi di KPw BI Provinsi Sulawesi Selatan.

Sementara itu, Rektor Unisa Palu, Dr H Hamdan Rampadio mengatakan bahwa kuliah umum yang dilakukan oleh pihak Bank Indonesia merupakan kali pertama selama ini.

“Kedatangan deputi memang sudah direncanakan jauh hari sebelumnya. Sedianya, saat bulan Ramadhan kemarin beliau sudah hadir di tengah-tengah civitas Akademika Unisa, namun urung terlaksana karena kesibukan beliau,” katanya.

Rektor berharap, kehadiran deputi gubernur senior itu dapat dimanfaatkan dengan baik oleh civitas akademika Unisa, khususnya mahasiswa Fakultas Ekonomi dan mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah.

“Saya berharap kedatangan beliau yang pertama kali ini kita manfaatkan untuk menimba ilmu yang banyak, khususnya yang berkaitan dengan ilmu perbankan. Semoga dengan kerjasama seperti ini, kita juga bisa dibantu beasiswa untuk mahasiswa yang berprestasi,” harapnya.

Secara khusus, Rektor mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan Bank Indonesia Sulawesi Tengah bersama jajarannya yang telah membuka kerjasama dengan Unisa.

“Semoga kerja sama ini terus berkesinambungan,” tutup Rektor.


Sumber: AntaraSulteng

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here