Alkhairaat – Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Alkhairaat (Unisa) Palu, dr. Wijoyo Halim mendapatkan penghargaan Viktor and Clara Soriono Award dalam acara Kongres Penyakit Stroke Internasional ke-10 di Hyderabad, India.

Kongres yang berlangsung pada 26-29 Oktober 2016 ini dihadiri lebih dari 2000 peserta dari berbagai perguruan tinggi di dunia.

Wijoyo mengakui penghargaan tersebut diraih atas hasil penelitian yang dilakukan pada 30 pasien Stroke di Makassar pada tahun 2014.

Penemuan Stroke akibat penyumbatan pembuluh darah dibalik otak itu kata Wijoyo memang terbilang masih sangat sedikit akibat kurangnya alat yang dimiliki rumah sakit.

Stroke akibat penyumbatan pembuluh darah dibalik otak ini biasanya dialami oleh orang yang masih usia produktif akibat kekentalan darah. Darah yang disalurkan dari jantung ke otak tersumbat saat darah tersebut kembali dari otak ke jantung, sehingga terjadi penumpukan di pembuluh darah balik otak.

Kedepan kata Wijoyo, akan terus melakukan penelitian sebagai wujud pengembangan ilmu pengatahuan sekaligus wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Mengingat sebagai dosen hal itu wajib dilakukan.

Wijoyo juga mendorong para mahasiswa kedokteran Unisa Palu untuk melakukan riset pengembangan Ilmu pengetahuan kedokteran yang telah mereka terima di kampus untuk diaplikasikan dan dikembangkan di luar. Sebab Ilmu pentetahuan dapat berkembang jika terus dilakukan penelitian, tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here