Alkhairaat Pusat – Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Syaifudin menghadiri peringatan Haul ke-48 pendiri Alkhairaat, Guru Tua (HS. Idrus bin Salim Aljufrie), Minggu (17/7).

Dalam sambutanya Menag mengatakan sosok seperti Guru Tua sangat langka dan jarang dijumpai belakangan ini. Menurutnya HS. Idrus bin Salim Aljufrie tidak hanya alim namun juga mumpuni secara organisasi. “Beliau tidak sekedar alim dalam ilmu-ilmu keislaman, melainkan juga seorang organisatoris yang mumpuni,” kata Lukman.

Keberadaan Alkhairaat merupakan salah satu bukti nyata karya Guru Tua. Menurut Lukman, walaupun Guru Tua tidak meningalkan buku atau kitab sebagai karya intelektualnya, namun telah banyak orang yang menjadi sukses karena Guru Tua. “Tidak sedikit orang yang dididik melalui lembaga Alkhairaat, ungkapnya.

Menurut Lukman, jika ditanah Jawa ada KH. Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim As’ari, di Nusa Tenggara ada KH. Zainudin Almadjid, di Sumatera ada Syeh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi, di Kalimantan ada Syeh Muhammad Albanjari, maka di Sulawesi ada HS. Idrus bin Salim Aljufrie. “Para ulama itu adalah paku bumi yang dipancangkan Allah SWT untuk menegakan ajaran agama Islam di Nusantara ini,’ tambahnya.

Acara haul kali ini dihadiri lebih dari 30 ribu peserta dari berbagai daerah ditanah air.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here