Ali Zainal Abidin Alhamid Dari Siapa Kalian Mengambil Agama KalianAlkhairaat – Habib Sayid (HS) DR. Ali Zainal Abidin Alhamid mengingatkan umat Islam lebih teliti dalam mengambil illmuĀ  agama. Hal ini disampaikan beliau dalam perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Mustafa Lil Khairaat, Kabonena, Kota Palu, Minggu (24/1).

Dalam ceramahnya, beliau menekankan pentingnya sanad (jalur transmisi pengetahuan agama) dalam mempelajari syariat Islam. Dalam hal ini, beliau menyandarkan pendapatnya pada hadis Nabi Muhammad SAW, “Ilmu itu adalah agama, maka perhatikanlah asal-usul agamamu.”

Dalam tradisi Islam, sanad pengetahuan guru-guru agama yang bersambung hingga kepada Nabi Muhammad SAW, para Sahabat, dan Tabiin (salaf) merupakan patokan dalam mempelajari dan menjalankan ibadah. Hanya saja, akhir-akhir ini, urgensi sanad mulai dilupakan oleh umat Islam. Tidak sedikit umat Islam yang mempelajari syariatnya justru dari mesin pencari Google.

Oleh sebab itu, dalam kesempatan Peringatan Maulid ini, Dr. Ali Zainal ‘Abidin Alhamid mengajak umat Islam untuk memperhatikan sumber-sumber belajar agama. Sebaiknya, sumber-sumber tersebut memiliki sanad pengetahuan yang bersambung; dari guru-guru yang jelas, yang memiliki hubungan pengetahuan yang jelas hingga kepada Nabi Muhammad SAW. “Dengan berkah dari Rasulullah SAW yang diturunkan melalui para guru, maka setiap Muslim akan sampai kepada ma’riftullah,” tutup alumni Darul Mustafa Yaman dan Universitas Al-Azhar Mesir ini.

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW diakhiri dengan sholat berjamaah dan doa, ditutup dengan santap siang bersama.


Penulis: Alfagih Mugaddam

Editor: Muhammad Nur Ahsan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here