Alkhairaat Pusat – Warga Alkhairaat di Kampung Baru, Palu Barat, Kota Palu, Sulawesi Tengah, merayakan Haul Ince Ami, salah seorang Istri pendiri Alkhairaat, yakni Al-Habib Idrus bin Salim Aljufrie atau Guru Tua.

“Peringatan Haul Ince Ami (Ite) ini digelar setiap tahun, tepatnya pada hari ke-11 bulan puasa,” ungkap Sy. Sa’diyah Aljufrie, anak dari Guru Tua dan Ince Ami.

Kurang lebih 300 jamaah menghadiri acara tersebut. Beberapa di antaranya adalah Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T) Kota Palu, H. Ichsan Hamsah, Kepala Bidang Bendahara Kota Palu, Drs. Muhammad Alhasni, M.SI, dan Kepala sekolah SMPN 1 Palu, H. Hardi, S.Pd, M.Pd.

Warga Kampung Baru Peringati Haul Istri Guru Tua (2)Acara Haul dimulai sebelum Magrib dengan pembacaan tahlil oleh H. S. Mochsen Ali Alhabsyie (anak dari Hj. Sy. Sidah binti Idrus Aljufrie). Selesai berbuka puasa dan Salat Magrib secara berjamaah, acara dilanjutkan dengan pembacaan Maulid Alhabsyie yang dipimpin oleh H. S. Hasan bin Idrus Alhabsyie (anak dari Hj. Sy. Sadiyah binti Idrus Aljufrie), dan diakhiri dengan makan bersama.

Di tempat yang sama, H. S. Hasan Alhabsyie menjelaskan bahwa acara ini merupakan salah satu bentuk silaturahim antara keluarga dan para Abnaul Khairaat. “Kita diingatkan betapa pentingnya silaturahim oleh Guru Tua dan Ite,” tutupnya.


Penulis: Alfagih Mugaddam

Editor: Ahsan Nur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here