Alkhairaat Palu – Di tahun 2015 sebanyak 399 website perguruan tinggi di Indonesia terdaftar dalam 4International Colleges & Universities, termasuk Universitas Tadulako dan Universitas Alkhairaat (UNISA) Palu. (Lihat: 4ICU)

Saat ini Indonesia memiliki 4620 lembaga pendidikan dengan 505 universitas, 116 Institut, 2320 sekolah tinggi, 226 polikteknik, serta 1093 akademi. (Lihat: PDDIKTI)

Peringkatan popularitas perguruan tinggi di dunia internet yang dilakukan oleh 4ICU menggunakan algoritma dari lima web metric yang berbeda dari tiga search engines yang independen dan saling terpisah. Tiga search engine ini adalah Google Page Rank, Alexa Traffic Rank, dan Majestic SEO (Referring Domain, Citation Flow, Citation Trust). Tercatat 11.160 perguruan tinggi dari 200 negara yang dinilai 4ICU.

Sementara itu, Alfagih Mugaddam Alhabsyie, Kepala Bidang Teknologi Informasi Universitas Alkhairaat (UNISA) Palu mengatakan, prestasi ini merupakan hasil kerjasama dan kerja keras seluruh civitas akademika.
“Tiap lembaga survei mempunyai kriteria yang berbeda dalam membuat ranking. Saat ini kita berada pada ranking 380 di Webometric dan 394 di 4ICU. Harapan kami semoga hal ini memberikan motivasi bagi pengembangan Institusi dan bermanfaat bagi orang banyak,” ujar Alfagih.


Penulis : Isnain Nggawia


Berita terkait : Universitas Tadulako dan Alkhairaat Wakili Perguruan Tinggi Kota Palu di Webometrics

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here