Alkhairaat – Indonesia memiliki 505 universitas, 116 Institut, 2320 sekolah tinggi, 226 polikteknik, serta 1093 akademi. (Lihat: PDDIKTI – Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi).  Di zaman teknologi saat ini, website merupakan sarana sebuah lembaga pendidikan untuk mempresentasikan kelayakan pendidikan dalam memperoleh status akreditasi.

Hal ini kemudian menyebabkan Webometrics muncul sebagai salah satu situs resmi yang memberikan penilaian terhadap universitas sedunia melalui peringkat website dari masing-masing lembaga pendidikan.

Indonesia pun tak luput dari perhatian Webometrics. Dari 4620 lembaga pendidikan tinggi di Indonesia, hanya 400 situs perguruan tinggi yang masuk di dalam peringkat terbaik di Indonesia, di mana, dari Kota Palu, hanya diwakili oleh dua perguruan tinggi, yaitu Universitas Tadulako (peringkat ke-77) dan Universitas Alkhairaat (peringkat ke-380). (Lihat: Webometrics).

Secara umum, Webometrics telah menjadi rujukan inti dalam mengukur pencapaian dari suatu perguruan tinggi tertetu. Secara rutin Webometrics merilis peringkat perguruan tinggi terbaik di dunia dan dipublikasikan pada situs resmi lembaga independen tersebut.


Penulis : Alfagih Mugaddam
Editor : Ahsan Nur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here