Alkhairaat – Persiapan Pengurus Besar (PB) Alkhairaat untuk melaksanakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Samarinda, semakin matang. Persiapan yang dilakukan, diantaranya melakukan rapat koordinasi oleh Sekjen dan Ketua Umum PB Alkhairaat bersama unsur terkait di Samarinda sebagai pusat Rakernas tersebut.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PB Alkhairaat, Dr H. Lukman S Thahir juga sudah menyampaikan undangan secara lisan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi untuk memberikan materi pada Rakernas yang akan dihelat pada 19 sampai 21 itu. Undangan lisan itu disampaikan bertepatan saat Menpora berkunjung ke kediaman Ketua Umum PB Alkhairaat, Habib Ali Muhammad Aljufri, Selasa (24/3)

Menurut Sekjen, materi yang akan disampaikan Menpora pada Rakernas nanti mengangkat tema “Mengagas Pemuda Maritim yang Berbasis Ormas Islam”.

Lebih lanjut Sekjen mengatakan, materi dari Menpora itu berkaitan dengan peran Alkhairaat sebagai salah satu yayasan pendidikan di Indonesia yang memiliki 1568 madrasah dan 48 pesantren.

“Jumlah madrasah dan pesantren tersebut sudah mewakili presentase jumlah pemuda Alkhairaat. Sudah termasuk banom-banom Alkhairaat, seperti Himpunan Pemuda Alkhairaat (HPA), Banaat Alkhairaat dan sejumlah banom lainnya. Jumlah 70 persen pemuda di Alkhairaat itu, sudah masuk dalam perhitungan jumlah pemuda nasional yang saat ini mencapai 62,6 juta jiwa,” terangnya.

Mantan Rektor Universitas Alkhairaat Palu (Unisa Palu) itu menambahkan, pemuda Alkhairaat adalah bagian yang tidak terpisahkan dari bangsa ini.

“Sebab itulah Menpora kemungkinan besar akan hadir dalam kegiatan Rekernas, karena Pak Menteri dengan pikiran cemerlangnya tentang situasi maritim di beberapa wilayah perbatasan di Indonesia,” katanya.

Hal ini juga berkaitan dengan adanya kader-kader Alkhairaat di beberapa wilayah perbatasan, seperti di Ternate dan Kalimantan.

“Harapannya, pemuda Alkhairaat yang berada di wilayah perbatasan mempunyai kepedulian dengan situasi ini. Karena berdasarkan informasi, wilayah perbatasan kerap kali menjadi daerah penyelundupan barang terlarang,” bebernya.

Kemarin, kedatangan Menpora bersama rombongan disambut langsung Ketua Umum PB Alkhairaat, Habib Ali Muhammad Aljufri. Kedatangan Menpora didampingi Kepala Dispora Sulteng Yunan Lampasio, Sekretaris Pemerintah Provinsi Sulteng, Amdjad Lawasa dan Ketua GP Ansor Sulteng, Adha Nadjemuddin.

Usai dari kediaman Habib Ali, rombongan melanjutkan kunjungan ke Kabupaten Sigi.


Penulis : Anjaz

Sumber : MAL


Berita Terkait : Rapat Koordinasi Panitia Rakenas Alkhairaat Lahirkan Beberapa Agenda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here