TK Alkhairaat Maleni Lepas Murid Dan KepsekDonggala, Alkhairaat – Guru-guru TK Alkhairaat Maleni Kecamatan Banawa, pada Sabtu (19/6) diliputi rasa haru yang mendalam. Karena tidak hanya melepas puluhan anak didiknya yang lulus untuk melanjutkan ke jenjang Sekolah Dasar (SD), tapi juga berpisah dengan kepala sekolah, Hj. Nur Ely MK Maluku yang telah memasuki masa pensiun.
Acara perpisahan yang berlangsung sederhana di lantai dua TK itu, ditandai dengan penyerahan surat tanda tamat belajar (STTB) kepada puluhan murid yang dinilai telah layak untuk masuk SD. Dalam amanatnya, Pengawas dari cabang dinas pendidikan (Cabdisdik) Kecamatan Banawa, mewakili kepala cabdis, Amiruddin mengemukakan bahwa lulusan TK yang berbasis agama itu, selayaknya melanjutkan ke SD yang berbasis sama. Karena jenjang pendidikannya juga telah terpenuhi. Seperti Madrasah Islam Swasta (MIS) Alkhairaat, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Alkhairaat dan Madrasah Aliyah (MA) Alkhairaat. Bahkan hingga keperguruan tinggi dengan masuk ke Universitas Alkhiraat (Unisa).

Sementara itu, mantan kepsek TK Alkhairaat, yang biasa dipanggil ibu haji, oleh anak didiknya, menceritakan tentang karir dan perjuangannya selama mengabdi di TK yang berada dalam naungan Yayasan Alkhairaat itu. Suka dan duka selama 30 tahun mengabdi sebagai guru, yang tentu saja dimulai jadi tenaga honorer, kemudian jadi guru berstatus PNS hingga akhirnya menjadi kepsek, dilaluinya dengan penuh ketabahan dan keikhlasan dalam mengabdi. Pengalaman dalam upaya membebaskan tanah untuk membangun TK Alkhiaraat, terbilang cukup berat dikisahkannya. Namun berkat pertolongan tuhan, semua kesulitan itu, bisa dilalui. Bahkan ia setengah bercanda, bahwa sekolah yang dipimpinnya itu tidak pernah merasaan kesulitan keuangan. Karena pertolongan yang terduga selalu datang. Walaupun faktanya beberapa bagian sekolah belum rampung di kerjakan, seperti pagar sekolah.

Pelaksana tugas harian (Plth) Kepsek TK Alkhairaat Maleni, Nur Intan dalam perpisahan yang dihadiri orang tua murid itu, mengemukakan kekagumannya pada seniornya itu. Pengalaman yang dikisahkan, akan menjadi cambuk untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang sementara ini dibebankan kepadanya.


Sumber: Mercusuar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here