Alkhairaat – Pengurus Besar Alkhairaat, akan menghelat Maulid Nabi Muhammad SAW secara akbar. Perhelatan ini akan dilangsungkan di alun-alun Alkhairaat Pusat Palu, Kamis (8/1) besok.Pelaksanaan maulid tahun ini, difokuskan pada dunia pendidikan, sesuai dengan tema yang diangkat, dari salah satu hadits Rasulullah “Sesungguhnya aku diutus menjadi pendidik”. Selain itu untuk menjadi media silaturahim antara abnaul khairaat yang ada di Sulawesi Tengah

Sekretaris Panitia Pelaksana, Subhan A Lasawedi, Selasa (6/1) di ruang kerjanya lantai dua Kantor PB Alkhairaat mengatakan, selain tema dari hadits Rasulullah, panitia juga mengangkat syair Guru Tua “Hai anak-anak Alkhairaat bangkitlah, melaksanakan kewajiban mengajar kelak kalian akan menjadi pionir terdepan”.

Menurutnya, kedua tema tersebut merupakan perpaduan, antara penjabaran pendidikan berdasarkan hadits tersebut, dan pendidikan khusus kealkhairaatan. Sebab dari kedua konsep pendidikan yang dimaksud, bagian dari tanggung jawab keumatan, dalam mencerdasakan kehidupan bangsa dan agama Islam pada khususnya.

“Pendidikan adalah cerminan kekuatan Bangsa dan Agama itu sendiri,” kata dia

Lanjut Subhan, untuk menjadikan bangsa Indonesia, sebagai bangsa bebas dari penyalah gunaan kekuasaan, untuk kepentingan individu dan kelompok, maka diperlukan konsep sistim pendidikan yang jelas arahnya. Sebab selama ini, sistim pendidikan di Indonesia masih simpang siur, antara kebijakan pemerintah pusat dan daerah sendiri.

Dia menjelaskan, dalam kegiatan maulid tersebut, akan menghadirkan Habib Muhammad Ridho Assegaf, alumni Daarul Musthafa di Hadramaut dari Palembang, sebagai pembicara hikmah maulid. Acara ini juga akan dihadiri pula Gubernur Sulteng dan Walikota Palu.

Sementara berdasarkan himbauan dari Ketua Utama Alkhairaat, untuk abnaul khairaat, agar dapat hadir dalam kegiatan maulid yang dimaksud. Sebagai bentuk kecintaan Alkhairaat, pada Rasulullah SAW.


Penulis : Yusuf Sagoba

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here