Alkhairaat, Ampana – Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Alkhairaat, Sayyid Ali Aljufrie menyampaikan kewajiban umat Islam dalam toleransi antar agama tanpa harus mengorbankan Akidah, pada peringatan Haul H. Amin Lasawedi di Ampana, Tojo Una-Una. (22/12).

Dalam ceramah yang berdurasi 45 menit, Ketua Umum PB Alkhairaat juga meluruskan pandangan yang berkembang di masyarakat tentang membolehkan ucapan selamat Natal pada umat Kristiani.

Sayyid Ali menegaskan bahwa Islam merupakan agama rahmatan lil’alamin, yang telah menjelaskan tentang toleransi¬† dengan jelas.

“Bagimu agamamu dan bagiku agamaku,” jelasnya (22/12).

Sayyid Ali juga menyampaikan tentang Fatwa MUI pada 1981 tentang Perayaan Natal Bersama oleh Buya Hamka. Menurutnya, hal tersebut dapat menjadi landasan umat Islam tentang Perayaan Natal Bersama.

“Ucapan Selamat Natal dapat mengganggu Aqidah,” tutupnya. (22/12)

Haul H. Amin ini diperingati setiap tahun oleh anak cucu beliau serta masyarakat Ampana, Tojo Una-Una. Peringatan Haul pada tahun ini dihadiri oleh para Abnaul Khairaat dari berbagai Kota/Kabupaten di Sulawesi Tengah. H. Amin Lasawedi sendiri merupakan murid Guru Tua dan juga Tokoh Alkhairaat.


Penulis : Alfagih Mugaddam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here