Alkhairaat – Saat ini seluruh sekolah Alkhairaat se Indonesia yang mencapai 1.000 lebih dari tingkat TK, SD, SMP dan SMA sederajat sudah menerapkan kurikulum 2013. Tetapi hingga saat ini dari seluruh guru di Alkhairaat, masih sebagian kecil yang mendapatkan pelatihan kurikulum tersebut.

Kepala Bidang Pendidikan dan Kebudayaan PB Alkhairaat, Salim D Masuka mengatakan hal itu menjadi suatu kendala saat ini yang masih terus diupayakan agar bisa diselesaikan, karena penerapan kurikulum 2013 berbeda dari kurikulum sebelumnya. Meski demikian, ia mengaku kendala tersebut disiasati para guru dengan membuat pelatihan sendiri sesama guru Alkhairaat yang sudah mengikuti pelatihan.

“Saat ini kendala dalam penerapan kurikulum 2013 yaitu pelatihan bagi para guru yang minim dan buku. Kami belum bisa memastikan jumlah detail guru yang sudah mengikuti pelatihan. Tetapi sesuai dengan laporan dari seluruh jumlah guru, masih sebagian kecil yang sudah mengikuti pelatihan kurikulum tersebut. Sementara untuk pembagian buku memang hingga kini masih kurang, khususnya buku pelajaran agama,” jelasnya, Senin (15/9).

Lanjutnya, saat ini sekolah Alkhairaat sudah menyebar ke 11 provinsi di Indonesia yang diakuinya menjadi suatu masalah serius bagi PB Alkhairaat dalam optimalisasi penerapan Kurikulum 2013. Untuk itu, pihaknya akan berupaya secepatnya membicarakan masalah ini kepada pemerintah setempat agar ke depan banyak guru yang mengikuti pelatihan tersebut, minimal setengah dari seluruh guru. Sehingga mereka yang sudah mengikuti pelatihan tersebut bisa mengajak guru lain untuk dilatih.

“Memang kami akui penerapan kurikulum 2013 tahun ini begitu berbeda. Jadi pelatihan guru penting untuk menambah pengetahuan dalam mengajar maupun administrasi. Kita tahu bahwa untuk pemberian nilai dan penyusunan rapor siswa sangat rumit dibanding kurikulum sebelumnya. Tentunya jika banyak guru yang belum mengikuti pelatihan maka mereka akan kesulitan dalam penerapan tersebut,” terangnya.

Pihaknya juga mengetahui bahwa masih banyak guru dari berbagai sekolah belum mendapatkan pelatihan kurikulum 2013 yang bisa menjadi perhatian pemerintah agar memberikan solusi untuk memaksimalkan pelatihan tersebut.


Sumber : Mercusuar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here