Alkhairaat – Akademisi Universitas Alkhairaat Palu, Ahmad Musa berharap agar pemerintah membatalkan penerapan Kurikulum 2013. Dia menilai penerapan kurikulum di semua sekolah itu terkesan dipaksakan tanpa melalui kanisme, seperti sosialisasi, uji coba dan pelatihan kepada guru.“Lihat saja, hampir semua guru di semua jenjang pendidikan mengeluh” katanya, Jum’at (5/12) di kampus Unisa.

Dia menilai, kurikulum 2013 itu baik karena mendorong perkembangan pengetahuan siswa. Meski demikian kata dia, penerapanya tidak dipaksakan, belum lagi infrastruktur pendidikan yang belum merata ditanah air.

“Contohnya daerah Ampana, disana banyak pulau, kemudian di daerah pantai barat, bahkan yang paling menyedihkan daerah Sigi, masih terdapat daerah yang terisolir. Hal itulah yang menyebabkan sehingga fasilitas sekolah tidak merata”, tuturnya.

Dia menyarankan adanya pembatasan kriteria sekolah dalam penerapan kurikulum 2013 tersebut. Saat ini sudah memasuki ujian semester, sekolah yang belum memiliki buku paket kurikulum 2013 akan kelabakan, sebab tidak memiliki panduan pelaksanaan ujian maupun pengisian nilai di rapor siswa.

Dia berharap, jika nantinya ada pembatalan kurikulum 2013, pemerintah harus menyiapkan kurikulum sementara, sebelum kurikulum 2013 benar-benar matang dan siap untuk diterapkan.


Penulis : Yusuf Sagoba

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here