Alkhairaat Palu – Konsulat Jenderal (Konjen) Amerika Serikat (AS) di Surabaya, Joaquin Monserrate menjajaki kerjasama dengan Pengurus Besar (PB) Alkhairaat. Dihadapan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PB Alkhairaat, Dr Lukman S Tahir, Senin (3/11).

Joaquin menawarkan beberapa program yang bisa dikerjasamakan, diantaranya soal anti kekerasan yang terjadi selama ini. Selain itu juga kerjasama dengan Fakultas Kedokteran Unisa dan juga Rumah Sakit SIS Aljufri.

“Kami juga bisa bantu perpustakaan di University Alkhairaat itu,” jelas Joaquin Monserrate, di Kantor PB Alkhairaat.

Dalam kesempatan itu, Joaquin juga mengemukakan kekagumannya dengan kebesaran Alkhairaat. Dia sampai manggut-manggut saat mendengarkan system pendidikan yang dipaparkan Sekjen PB Alkhairaat.

“Saya salut dengan Alkhairaat ini,” katanya.

Pada pertemuan kemarin, Joaquin diterima langsung Sekjen PB Alkhairaat didampingi Rektor Universitas Alkhairaat, H. Hamdan Rampadio. Dalam pertemuan kurang lebih satu jam itu, Sekjen PB Alkhairaat juga sempat menjelaskan proses perjuangan pendiri Alkhairaat, Habib Idrus Bin Salim Aljufri (Guru Tua). Saat itu, Sekjen menyampaikan buah pikiran Guru Tua yang mengajarkan pada murid-muridnya soal demokrasi dalam keberagaman umat, termasuk adanya umat nasrani yang dipanggil Guru Tua untuk mengajar di lembaga pendidikan Alkhairaat.

“Dengan pemikiran demokratis itulah yang mengantarkan Alkhairaat disukai masyarakat yang ada di bagian Indonesia Timur, lebih khusus di Sulawesi Tengah,” terang Sekjen.

Dalam pertemuan itu, keduanya juga membahas persoalan hilafiyah, yang ada di dunia Islam, seperti aliram syiah dan sunni. Tidak ketinggalan juga membahasan soal ISIS, yang saat ini sedang mengemuka dan menjadi isu internasional. Keduanya sepakat, ISIS tidak pantas diterima di Indonesia.

Mereka sepakat menilai, ISIS merupakan kondisi politik di Timur Tengah yang berhubungan dengan kekuasaan.

“ISIS itu banyak membunuh di sana (Amerika),” kata Joaquin.


Penulis : Admin

Sumber : Media Alkhairaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here