Alkhairaat Touna – Kunjungan Sayyid Ali Aljufrie, Ketua Umum PB Alkhairaat di Desa Benteng mengulang kembali memori masyarakat kembali ke tahun 1935 M, dimana Guru Tua, Pendiri Yayasan Alkhairaat Pusat mengunjungi Desa tersebut.

Benteng yang terletak di Kecamatan Togean, Tojo Una-Una merupakan daerah kepulauan yang berjarak sekitar 3 jam dari Kota Ampana menggunakan speedboat. Kehadiran Guru Tua pada tahun 1935 M, merupakan salah satu agenda penyebaran madrasah Alkhairaat dan juga silaturahmi dengan beberapa warga Arab yang telah menetap di daerah tersebut, seperti Habib Ali Alhabsyie (Tojo Una-Una) dan Habib Husein Alhabsyie (Tojo Una-Una).

Penyebaran madrasah Alkhairaat di Kabupaten Tojo Una-Una tidak dapat dilepaskan dari Habib Ali Alhabsyie yang telah membangun madrasah-madrasah di Tojo Una-Una, dan kemudian di wakafkan kepada Guru Tua, dengan mengganti semua nama madrasah beliau menjadi Alkhairaat.

Sedangkan Habib Husein Alhabsyie merupakan mertua sekaligus besan dari Guru Tua. Salah satu anak perempuan beliau, Sy. Haulah binti Husein Alhabsyie menikah dengan Guru Tua, namun tidak mendapatkan keturunan. Kemudian satu lagi anak dari beliau, Idrus bin Husein Alhabsyie, menikahi anak dari Guru Tua, Sy. Sa’diyah binti Idrus Aljufrie yang dikaruniai 8 orang anak. Salah satunya adalah Sayyid Hasan bin Idrus Alhabsyie, pimpinan Ponpes Putri Alkhairaat Pusat Palu.


Penulis : Admin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here