Alkhairaat – Guru besar sejarah Prof. Dr. H. Azyumardi Azra mengatakan pendiri perguruan Islam Alkhairaat, Habib Idrus bin Salim Aljufri atau Guru Tua, tidak pernah mengajarkan masalah khilafah.”Wacana khilafah belakangan ini menguat di Indonesia setelah munculnya “Islamic State of Irak and Syria (ISIS)”, namun mendapat reaksi keras bahkan kecaman dari berbagai organisasi termasuk Alkhairaat terhadap organisasi tersebut,” katanya di Kampus IAIN Palu, Jumat.

Azyumardi mengatakan berbagai pihak perlu mencermati dan mewaspadai penyebaran ajaran dan rekrutmen ISIS.

Alkhairaat, sebagai salah satu organisasi keagamaan terbesar di kawasan timur Indonesia, harus bersikap tegas terhadap ajaran dan gerakan ISIS.

Azyumardi mengatakan pendiri Alkhairaat dalam sejarahnya tidak pernah membahas masalah khilafah. “Saya meneliti Guru Tua. Sepengetahuan saya, beliau tidak pernah mengajarkan masalah khilafah,” katanya.

Direktur Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Jakarta itu hadir di Palu dalam rangka menghadiri haul Guru Tua ke-46.

Sebelum ke acara tersebut Azyumardi diundang keluarga besar IAIN Palu menjadi narasumber dalam diskusi ilmiah dihadiri sejumlah dosen dan mahasiswa.


Penulis : Admin

Sumber : ROL

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here